Selasa, Juli 23, 2013

Template Responsif dan Manfaatnya?

Responsif Blogger Theme
Seiring dengan perkembangan zaman, segala sesuatu harus ikut menyesuaikan. Jika tidak mau dikatakan ketinggalan zaman. Bukan hanya itu, yang pasti cenderung tidak terpakai.

Demikian juga didunia website, dengan adanya perkembangan tehnologi, fitur dan konten blog juga harus mulai ikut menyesuaikan. Dalam hal ini, template berperan penuh untuk menyesuaikannya. Apalagi saat ini, perkembangan dunia dalam mengakses internet sudah terbilang sangat canggih. Tidak hanya melalui PC atau laptop, beberapa handphone telah melengkapi dirinya dengan fitur yang dapat mengakses internet.

Sudah mengenal template responsif belum? Yah, setidaknya sudah pernah mendengar tentang hal itu. Bagi yang belum tahu, template responsif adalah template yang bisa menyesuaikan lebar tampilannya secara otomatis sesuai gadget yang dipakainya.

Misalnya jika kita buka blog lewat ponsel, maka tampilannya tidak akan standar atau harus dicubit supaya lebih jelas. Biasanya sebuah website jika diakses lewat smartphone memiliki tampilan yang besar, sehingga harus dicubit (kalau pake touchscreen) atau diperjelas.

Sedangkan sebuah blog yang memiliki template responsif, mampu menyesuaikan tampilannya pada gadget mobile. Tampilannya kurang lebih sama dengan versi desktop, namun Anda tidak perlu mencubit layar karena sudah terdesain sedemikian rupa.

Saat ini, seniman templates, sudah banyak mengeluarkan karya-karya yang responsive. Menarik dengan berbagai fitur yang enak dipandang mata. Beberapa diantaranya dapat free download alias gratis.

Wah, langsung pada semangat kalau ada kata gratisan, ha.. ha.... Tapi memang begitu adanya. Gak percaya, search aja langsung. Banyak situs atau blog telah menyediakannya dengan berbagai macam style, sesuai dengan kebutuhan para blogger.  Termasuk di expo templates ini. Promo he... he...

Manfaat dari template responsif adalah ya itu tadi, pengguna mobile tidak akan susah-susah geser kiri geser kanan atau cubit layar karena tampilannya terlalu besar jika ditampilkan di smartphone. Karena templatesnya mampu menyesuaikan diri secara otomatis. Dan juga tampilannya pun lebih rapi dan menarik.

Ada keuntungannya, ada juga kekurangannya. Karena untuk membuat template responsif dibutuhkan penambahan kode dari template standarnya, otomatis kecepatan akses terhadap blog pun menjadi agak lambat. Itu kekurangan dari template responsif. Ingin rapi di tampilan mobile, pasti harus menambahkan kode-kode lagi.

Lalu apakah pengunjung akan semakin bertambah?

Mungkin iya, mungkin juga tidak. Karena selain SEO (bahasa Inggris: Search Engine Optimization), konten pun berpengaruh terhadap banyak atau tidaknya pengunjung yang datang. Pernah mendengar istilah content is king? Ya itu karena sebagus apapun tampilan blog, jika kontennya hasil copy-paste atau tidak menarik dan tidak ramah search enggine, tentu akan menurunkan kredibilitas dan pasti akan sepi pengunjung.

Untuk itu, upayakan buatlah artikel yang bermanfaat, menarik untuk dibaca, berkualitas, dan sedapat mungkin original. Atau minimal memodifikasi artikel yang pernah anda baca untuk di upload di blog anda.

Mau responsif atau bukan, yang penting tetap ngeblog. OK! Karena itu lebih baik dari pada tidak sama sekali.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Memahami Perusahaan Pembuatan Website (Web Design)

Internet menjangkau audiens target yang luas dan digunakan untuk mempublikasikan informasi pribadi dan profesional dengan memasukkan penga...